CARA MENCEGAH VIRUS BOOTABLE TANPA ANTIVIRUS

Salah satu fungsi antivirus adalah mencegah virus menginfeksi computer. Banyak kasus terjadi jika sistem computer sudah terinfeksi virus disebabkan kita membuka file yang bervirus. Virus-virus ini dapat masuk dan menyebar melalui media seperti flashdisk, cd/dvd-room, atau hard disk eksternal. Sebenarnya kita dapat menghindari menghindari virus-virus tersebut untuk menginfeksi file-file dengan cara selalu melakukan update antivirus atau cara cara tertentu untuk menanggulangi virus yang menginfeksi file-file bahkan hingga pada sistem komputer.
“Kemudahan berbanding terbalik dengan keamanan”, itulah salah satu hukum yang berlaku di dunia IT. Sadar atau tidak, kemudahan yang diusung sendiri itu telah memberikan peluang program jahat ntuk menyusup ke dalam sistem komputer. Salah satu kemudahan tersebut adalah Autorun yang digunakan untu menjalankan suatu file secara otomatis saat user mengakses ke suatu Drive. Salah satu kemampuan virus local tahun 2007 adalah menginfeksi komputer secara otomatis melalui flashdisk. Kreativitas pembuat virus terlihat karena mampu memanfaatkan fitur yang ada seperti Autorun pada hardware lain (CD/DVD ROM) dan mengimplementasikannya pada virus di flashdisk.

Berikut ini diberikan langkah-langkah pencegahan alternatif selain menggunakan antivirus, yaitu dengan dengan cara menonaktifkan fungsi Autorun pada Windows.
Menonaktifkan Fungsi Autorun pada Windows
jika mencolokkan flashdisk atau cd/dvd-room pada komputer maka biasanya akan tampil menu dengan fungsi autorun. Menu ini untuk memudahkan kita dalam membuka folder, memainkan musik, melihat gambar, dan sebagainya pada disk yang kita masukkan. Fungsi Autorun ternyata banyak dimanfaatkan virus untuk menyebarkan diri dan menginfeksi komputer secara otomatis. Untuk flashdisk yang bervirus biasanya virus telah mengubah file autorun.inf pada flashdisk, sehingga bila autorun aktif maka file tersebut akan mengaktifkan virus. Oleh karena itu saat komputer mendeteksi flashdisk yang masuk, maka file autorun.inf pada flashdisk akan mengaktifkan virus dan dapat menginfeksi komputer. Salah satu cara untuk mencegah ini yaitu menonaktifkan fungsi autorun pada windows, sehingga virus yang memanfaatkan file autorun.inf yang berada di dalam flashdisk tidak akan dijalankan secara otomatis.
Berikut ini akan diberikan dua cara menonaktifkan fungsi autorun pada windows, yaitu dengan mengubah setting pada Group Policy dan mengubah setting-an registry.
1. Mengubah setting pada Group Policy
Langkah-langkah menonaktifkan fungsi autorun sebagai berikut:
a. Buka windows explorer, klik Drive C >> windows >> System32 >>. Kemudian pilih gpedit.
b. Klik ganda pada file gpedit
c. Klik Administrative Templates >> System
d. Klik ganda pada Turn off Autoplay
e. Pilih pada enabled
f. Pada Turn off Autoplay on: secara default adalah CD-ROM drivers, maka klik dan ganti menjadi All drivers. Selanjutnya klik OK.
g. Setelah itu lakukan hal yang sama di User Configuration.
h. Setelah itu tutup semua halaman dan restart computer.

2. Mengubah setting pada Registry
Langkah-langkah menonaktifkan fungsi autorun dengan mengubah setting pada registry adalah sebagai berikut:
a. Buka windows explorer, klik Drive C >> Windows. Kemudian pilih file regedit.
b. Klik ganda pada file regedit.
c. Klik tanda “+” pada HKEY LOCAL MACHINE >> SYSTEM >> CurrentControlset >> Services >> Cdrom.
d. Pada halaman sebelah kanan klik ganda pada Autorun.
e. Pada value data: angka 1 berarti aktif dan angka 0 berati tidak aktif. Untuk ini maka ganti menjadi angka 0 untuk menonaktifkan fungsi autorun. Selanjutnya klik OK, lalu restart komputer anda.

Advertisements

2 responses to “CARA MENCEGAH VIRUS BOOTABLE TANPA ANTIVIRUS

    • maaf mas….sebenarnya klo soal2 virus saya gak ngerti…ni cmn info/tips sederhana saja dari apa yang saya dapatkan….klo gak puas juga gpp…karena memang ilmu saya memang masih cetek dan yang paling penting saya tidak pernah plagiat punya org lain….terima kasih atas sarannya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s